Selasa, 14 Desember 2010

14 Ribu Pengungsi Mentawai Terancam Kelaparan

14 Ribu Pengungsi Mentawai Terancam Kelaparan

Selasa, 14 Desember 2010 - 10:25 wib
Rus Akbar - Okezone
azaxs.net
PADANG – Duka yang dirasakan korban gempa bumi dan tsunami di Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, ternyata belum berakhir. Pasalnya, sebanyak 14 ribu pengungsi terancam kelaparan.

Hal ini diketahui saat pemerintah mengecek stok beras di gudang Sikakap. Hasilnya, strok beras hanya tinggal 1,3 ton. Jumlah tersebut hanya dapat bertahan untuk tiga hari saja bagi pengungsi di Kecamatan Pagai Selatan dan Pagai Utara.

“Kemarin kita kira masih ada 15 ton, ternyata laporan dari petugas gudang logistik salah. Setelah kita cek ke gudang beras ternyata tinggal 1,5 ton. Itu hanya bertahan untuk tiga hari,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kecamatan Sikakap, Joskamatir, kepada pada okezone, Selasa (14/12/2010).

Hal itu sangat mengkhawatirkan bagi para pengungsi. Pihaknya juga belum mendapatkan laporan tentang akan masuknya bantuan ke Sikakap, baik berupa beras ataupun logisitik lainnya. “Biasanya kita mendapat laporan soal barang masuk ke Sikakap, tapi sampai hari ini belum ada,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet membenarkan jika stok beras sudah menipis di gudang. “Kita sudah minta Sekda untuk memberikan surat permintaan beras ke Provinsi. Karena persediaan beras di Padang masih ada 60 ton,” katanya.

Dia berharap, pekan depan beras tersebut sudah masuk ke daerah Sikakap, agar para pengungsi tsunami Mentawai tidak mengalami kelaparan. “Hari ini ada empat lembaga mengirim bantuan beras ke Sikakap. Bantuan itu kita talangi dulu sambil menunggu beras,” katanya.
(teb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar